[HOLIDAY'S UPDATE] Holiday's Me Time

Halo halo Batam.
Selamat buat kamu yang masih menikmati indahnya makan gratis dan nikmatnya tidur di kamar sendiri.
Buat kamu, yang gabung kepanitiaan ospek univ, fakultas atau jurusan,
Gapapa, siapa tau ada yang nyantol yang gemash gemash
Buat kamu, yang lagi magang dan asik-asiknya update instagram karena tempat magang yang instagramable
Semangat ya kakak-kakak, semoga cepat lulus agar mapan dan menghalalkan doi atau malah dihalalkan?

Selamat selamat semangat.

Saat lagi ngetik ini, saya lagi ditemani sama hujan batam yang amat syahdu. Baru sadar, ternyata saya bukan pecinta hujan beneran, satu-satunya hujan yang saya suka ya hujan batam.

Sejuk di mata, sejuk di hati.

Nah, saat-saat seperti inilah yang biasanya memancing saya untuk ber-me time ria. Mungkin yang pernah kesasar atau gak sengaja mampir di blog ini ngeh kalo saya itu suka namanya confessing moment.


Akhirnya lah, mulai memikirkan semester ini udah ngapain aja. Semester ini cukup menggoncangkan batin dan agak bikin liburan was-was. Karena ip saya sukses terjun bebas kaya meteor jatuh dengan pendaratan di bumi yang cukup baik, dan ip saya masih terselematkan. Alhamdulillah. Even if this semester is the worst one, tapi di semester inilah saya paling bersyukur, sampai mau nangis. Yang awalnya hopeless gak bakal bisa sampe 3, awalnya udah nimbang-nimbang mau ninggalin matkul apa kalo bener-bener ngga 3, awalnya udah menguatkan diri untuk mulai menata ulang prioritas, eh tiba-tiba terselamatkan karena matkul mahadewa berbobot 6sks yang lagi cinta sama tiara.
Dinamikanya berat banget. Proses keluarnya nilai satu persatu yang cukup bikin diem seharian karena kecewa. Masalah-masalah kepanitiaan yang kebelet diurusin. Orang-orang rumah yang suka marahin karena main hp terus padahal lagi ngurusin something that lefts on malang. Banyak bin riweuh. Tapi ya gitu, karena hectic nya kaya gitu, keajaiban sekecil apapun akan menjadi anugerah terindah yang cukup buat senyum-senyum seharian dan tidur jadi tenang.

The point is, ngga usah nunggu sesuatu yang besar untuk bahagia. Mungkin selama ini kenapa banyak orang ngeluh karena dapet B lah, karena capek rapat lah dan karena masalah-masalah kecil lainnya itu karena mereka gak tau rasanya mendapatkan yang lebih sakit dari itu.

Simply, jangan menganggap masalahmu adalah yang paling besar sehingga semua orang harus tau dan peduli, karena banyak diluar sana yang masalahnya jauuuuh lebih besar tapi berusaha untuk tetap professional.

Lesson of the month banget deh. Terkadang aku bisa jadi orang yang se-study oriented itu kalo udah masalah tanggung jawab terhadap matkul yang aku ambil. Bukan masalah gengsi-gengsian aja, ya gitu takut bikin kecewa orang tua. Walaupun, semester ini agak berat, selain mata kuliahnya maha dewa karena praktikum dan tugas yang bikin keriting badan, ditambah laptop 7tahun yang binasah dan tiara harus pinjem sana-sini untuk ngerjain tugas. Kalo kata Ficky, mungkin kalo aku sukses ntar, satu semester tanpa laptop bisa jadi kisah inspiratif wqwqwq padahal yang dari semester 1 sampe sekarang gapunya laptop juga ada dan tetap bertahan aja tuh perkuliahannya,

Lagi, jangan lupa bersyukur.

Kalo laptop sih kayaknya cuma alesan akunya aja biar buat bahan ngeles kalo ditanyain kenapa ip-nya turun. Masalah yang aku sadar banget jadi sumber pergejolakan ini ya aku sendiri. Prioritasnya kurang diatur. Kurang banget. Semenjak jadi pengurus bem dan asisten praktikum, kuliah itu sepersekian untuk dipikir dalem-dalem. Bukan karena sibuk, tapi keasikan ngurusin event ini itu dan ngurusin praktikan gemash-gemash yang menurut tiara lebih nambah pengalaman. Iya, siap kok dicaci maki sekampung karena pola pikir bocah kaya gini.

Nah, lewat waktu-waktu confessing yang ditemani oleh hujan syahdu batam, aku pun sadar, I should fix all that messed that I make and rearrange the targets.

Berawal dari kuliah. Dari tiara yang tukang bolos karena suka telat masuk atau sekedar terlalu lelah, jangan sampe suka bolos lagi semester depan. Kalo kata Dani, “Kamu tuh kebiasaan bolos, makanya kalo bolos gak merasa bersalah” HAHAHAHAHAIYABENERBANGET. Emang kalo udah keseringan bolos jadi gak ada lagi rasa “gak enak” yang ditimbulin saat mau bolos. Conffesing of the day, jangan sampe pernah kepikiran untuk bolos. J a n g a n.

Beda lagi kalo kata ficky, “Ko tuh semester ini intensitas upload foto di ig makin sering, which I used to think ko emang kebanyakan main”. Iya yang ini bener juga. Heran, kenapa semua orang sadar kalo aku bandel *sedih**nangisdipojokan*. Karena kebanyakan nongki di indomart point untuk sekedar minum caffe latte indopo yang enak banget, aku rela ngabisin waktu berjam-jam sambil ngobrol-ngobrol lucu soal menlu dan iss sama affrita togi. Poinnya adalah banyak laporan dan tugas yang tertinggal di-kost dan gak dikerjain. HM HM HM.

Mungkin aku perlu baca lagi post-an yang: college survival! to remind back kalo aku sudah keluar dari jalan yang lurus.

Lanjut ke BEM. Tempat yang banyak orang bilang tempat anak yang mentingin rapat dibanding kerja kelompok dan pencitraan. Mungkin aku pernah belain mati-matian karena bem itu gak sama kaya image yang seperti itu, sampailah aku merasakan dititik ini. Tapi aku jadi makin ngerti, bukan bem-nya, tapi orang-orang yang didalamnya yang terlalu asik dan gabisa atur prioritas, iya itu aku *senyum senyum malu*. Itu emang aku, padahal dulu juga bisa datang rapat dan tugas kelar. Iya salah aku lagi, tau tau:)

Mungkin yang bedain, sekarang amanahnya agak naik level. Kamu harus siap siaga dengan,
“Mbak tir ini loh *ceritain masalah dari a-z*”
“Kak ini gimana? Gak ngerti harus ngomong gimana”
“Tir ini kenapa sih *ngeluh*”
“Mbak, aku capek.aku gabisa ngerjain*
“Mbak tiara kenapa sih jadi bph *ceritain kesalahan tiara dari yang upil sampe gajah*”
“Harusnya kamu tuh *ceramah 7ayat*”
*ngeluh**nangis**ngeluh**nangis*

kamu harus hadepin itu tiap hari. Gak peduli gimana pun berantakannya hidupmu, gimana pun masalah yang kamu tanggung, gimana pun perasaanmu saat itu, kamu harus siap siaga. Karena menurut aku, ke delapan staff-staff gemay itu adalah tanggung jawab kaya jaga anak sendiri.

Tapi mereka ngajarin aku banyak hal, untuk jadi lebih dewasa karena harus selalu punya problem solving untuk masalah-masalah terjadi, jadi lebih kuat karena siap dimarahin dan dicerca kapan aja, jadi lebih sabar karena terkadang udah kerja banyak tapi masih banyak pula yang kurang, jadi ngga egois karena siap dengerin mereka kapan aja walaupun disini pun hatinya lagi remuk redam.

Terima kasih,
Resya, yang gebetannya dari a-z dan susah ditebak tapi tiba-tiba nangis
Dhifa, yang humas sejati dan suka nangis
Tiwi, yang ceria lucu dan gampang nangis kalo ada masalah (mau masalah sendiri, mau masalah orang, tiwi selalu nangis paling kenceng)
Affrita, yang paling heboh dan kepala geng gincu menluvs yang kalo udah marah pasti nangis
Togi, yang idenya paling brilian tapi cuek
Pepep, yang jadi sandaran cewe-cewe tapi tercuek
Faiz, yang paling peduli sama cewe-cewe dan gampang mempengaruhi orang lain, salah satunya resya, sasaran empuk faiz
Eza, yang selalu banyak saran dan suka cuek digrup

Terima kasih kalian. Dan partner kebanggaan, doni yang supercool, mba fatma yang kakak-able, dan ikhya yang sukses buat tiara ketawa dan nangis diwaktu yang sama. Daaan nisaa, yang sayang banget sama menluvs. Kalo ada PJMO Award kategori pjmo teraktif-terprogress-tersayang-terdabest, kamu pasti menang, nis.

Dah ah, kalo ngomongin BEM gak bakal kelar.

Lanjut ke asisten praktikum. Sebenernya, jadi asprak adalah impian tertunda semenjak semester dua, selalu ada aja halangannya, yang gak tau jadwal pendaftaran lah, yang udah daftar tapi gaikut test lah, yang kuota udah penuh lah sampai hambatan ter-pukpuk itu nilai nya gak memenuhi persyaratan. Akhirnya keturutan deh. Senengnya minta ampun. Eh, pas udah dijalanin capeknya lebih ampun-ampunan. Walaupun dapet praktikan yang imut-imut dan bikin ketawa, tapi namanya ngasih materi 90menit agak ngos-ngosan juga. That moment when dari jam pertama sampe jam keempat nonstop kuliah, cuma ada jeda jam istirahat sholat dan harus dipake untuk belajar materi praktikum dan sholat, waktu makan? Bodo amat, yang penting abis itu bisa fokus tutorial stela dan lanjut lari ke lantai dua buat ngisi praktikum. Terrific Tuesday. Selasa kelam selama satu semester buat tiara. Belum lagi ada radiv event iss dari abis magrib sampe jam 8 malem. Mati aja udah, mati.

Sebenernya apa sih yang dikejar, tir? Ambis banget.

Lagi-lagi soal mimpi. Kalo kita tau mimpi kita apa, pasti deh jadi ambisius gitu. Aku punya mimpi untuk hidup seimbang. Kenapa kuliahnya harus dapet IP bagus? Mungkin bagus parameternya tiap orang beda-beda, kalo aku IP bagus ya yang bisa bikin seneng orang tua. Karena sekarang yang bisa aku kasih cuma prestasi, belum bisa apa-apa lagi. Kenapa harus BEM? Dari beberapa organisasi yang aku ikutin, aku lebih cocok dengan sistem yang ada di BEM. Tapi yang paling penting sih, lewat BEM kita bisa bangun relasi, ngelatih leadership, ibarat BEM itu miniatur social life kamu di masyarakat nanti. Kenapa harus asprak? Berbagi ilmu itu berpahala, dapet uang lagi hehehehe. Pengen cari pengalaman semi-kerja yang bikin sadar ada kontrak terikat meski gak tertulis yang kudu kamu patuhi. Sekalian belajar jadi ibu yang baik gimana ngajarin anak.
Istriable sekali, subhanallah. WK

Above all, tiara cuma pengen memanfaatkan sebesar-besarnya ukt yang mahal untuk kenikmatan jadi mahasiswi. Rugi kan udah bayar ukt mahal tapi kuliah doang?lah yang lain yang gratis aja banyak yang bisa dinikmati.

Cuma kamu harus ngorbanin banyak waktu dan tenaga. Ya gitu, kalo mau sukses 3 kali lebih besar, langkahnya 3kali lebih cepat, belajarnya 3jam lebih lama, tidurnya 3jam lebih sedikit dan capeknya 3kali lebih berat.


apalagi ya target selanjutnya?
Bisnis? Start-up?Lomba tingkat nasional?


Bismillahirahmanirrohim.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BANDUNG’S ESCAPED: Cerita dari Bumi Pasundan

Life Lately

Fast-Paced Lifestyle