#7DC Vol 4.0 [PANIC Feat. IKHYA]

HALOOO! hari ini tiara membawa mantan partner dirjen dikementerian paling absurd nan mentel, menluv. 


MEET Ikhya! Si dirjen ganteng.

Berawal dari bincang-bincang unyu soal hp baru pak menteri, Doni, berujunglah pada keresahan mahasiswa semester 6. 
s i a m.

duduk permasalahannya adalah kini dibanyak grup kami, siam dan akademik jadi trending topic. Bener-bener keresahan yang tiada tara sampe sampe pada emosi dan takut gak bisa kuliah.

kalo kata anak hitz sih,

Gentar boy?

Yap. Terlepas dari gentar ngga gentar, pasti ada beban moral yang ditanggung. Ntah itu karena udah bayar ukt mahal eh ngga dapet kelas atau takut ngga bisa ngambil matkul tertentu disemester ini. Karena pembahasannya bakal luas banget, maka kita persempit parameternya menjadi siam, akademik dan mahasiswa semester 6.

untuk mahasiswa semester 6, yang ini kali ke 5 kita KRS-an, karena semester awal di KRS-in akademik. *sembah akademik*

Jadi tuh, bedanya krs semester 6, matkul wajib tinggal 5 SKS, sisanya matkul pilihan. Namanya matkul pilihan, pasti bebas toh?

karena dari semester 1 sampe semester 5 kita tuh dimanjain banget sama akademik, jadi ngga kebiasa namanya milih matkul, jam, kelas sendiri. Ga kebayang anak fakultas lain malem-malem nunggu jam KRS an buka, ngerefresh siam sampe kuota abis cuma biar ga kehabisan kelas karna kuota full.


SO here it is. Tulisan ini ngga bakal mewakili perasaan dan keresahan dari anak semester 6, at least, mungkin bisa jadi bahan pertimbangan

Ikhya, kamu tuh termasuk anak yang study oriented ngga sih?

Ga terlalu oriented banget kok tir, emang dasarnya orangnya kurang tekun ya, haha. Tapi semenjak ip jatuh baru ngerasa ternyata study oriented itu juga penting tapi ga harus kaku banget kayak terlalu oriented banget kalo belajar 5 jam sehari. Terus IPK tuh penting banget, meskipun ntar cuman tertulis dikertas ijazah itu berarti banget buat diliatin di ortu kita. Kalo ipk bagus ya itu nandain ortu kita ga sia2 nyekolahin. Trus itu juga jadi indeks keberhasilan selama di kuliah. Asal bener2 tuh ipk bagus di dapetin dengan proses yg baik juga


Setuju sih. Terlepas dari study oriented atau ngga, ipk yang memang nantinya berfungsi sebagai seleksi administratif saja itu sangat penting. Selain bisa bahagiain orang tua, juga bisa menolong untuk ambil full sks. Karena keribetan KRS-an meningkat ketika ngambil matkul lintas angkatan. Yap, perlu digaris bawahi juga, mendapatkan ipk bagus dengan proses yang baik itu lah yang terpenting.

ngomong-ngomong soal IPK, pasti nyambung dong ke SIAM yang lagi hitz banget, kamu tuh ikutan resah ngga sih liat siam?

Adaa, keresahanku soal siam sekarang itu tiba2 siam telah memutuskan kalo ipk aku turun.. Sedih.
Hahaha
Canda

tabok aja ikhya, gapapa kok gapapa

Sebenernya ini masalahnya terkait mata kuliah wajib sama pilihan. Nah, dimana jadwal kuliah di mata kuliah wajib bentrok dengan jadwal tutor dimata kuliah pilihan....Begitu sebaliknya.
Nah karena bentrok akhirnya mahasiswa2 pada pindah ke kelas lain yang bukan kelasnya yang menurut mereka nggak bentrok dengan jadwal matkul pilihannya. Keresahan yang sebenernya yang aku rasain itu aku sendiri yang krs.an akhir2 gabisa masuk di kelas asliku gara2 kelas asliku full. Nah dari situ mulai terjadinya permasalahan, kelas full sama bentrok. Keresahan ini juga banyak yang ngerasain ga hanya aku aja.


WEW ternyata kelas bentrok dan full tuh emang meresahkan. Buat tiara yang KRS nya pernah dihapus di h-jam penutupan KRS sih udah ngga se-panik dulu. Lebih legowo. Mungkin sekarang lebih ke langkah preventifnya, kaya abis KRS-an tuh ngeprint KRS nya, karena itu salah satu langkah yang bisa mengembalikan kamu ke kelas awal. Terus terkait, kelas bentrok, itu sangat mungkin sekali. Tapi tenang, jadwal yang ngga boleh bentrok itu cuma jadwal kuliah, kalau jadwal tutor/praktikum masih fleksibel dan bisa dicari dijadwal kamu yang kosong. SO, jangan panik.


Sebenernya tuh SWEEPING (penghapusan KRS) tuh masih berlaku ngga sih untuk mahasiswa semester 6? Meanwhile, kita kan emang ngambil matkul pilihan yang jadwalnya acak banget

Bebas cuman matkul pilihannya aja, yg matkul wajib masih dipaketin. Nah sebenernya dari tahun2 sebelumnya juga pasti ada sweeping2an tapi ntah kenapa tahun sekarang kayak viral gitu haha. Soalnya yang pindah kelas itu hampir semua mahasiswa nggak sih wkwk. Nah mekanisme yg bener tuh sama seperti krs2an yang sebelumnya. Kita samakan jadwal yang di wafper.fp.ub.ac.id dengan yg di siam.ub.ac.id. Di semester 6 itu kita dapet matkul wajib 14 sks (untuk jurusan tanah) dan untuk ngelengkapin itu di tambah dengan matkul pilihan. Nah, udah kita bisa ambil matkul pilihan sesuai minat kita dan sesuai dengan maksimal sks yg kita peroleh.
Banyak2 juga cerita ke temen2 tapi beruntung juga temen2 ngasih solusi. Bentrok itu gapapa asal ga bentrok sama kuliah. Bentrok sama tutor praktikum itu ngga masalah. Kita bisa urus buat ikut praktikum/tutor di kelas lain.
Ga bakal di permasalahin juga kalo kita ngomong baik2 dan menjelaskan sesuai keadaan pasti bakal diizinin pindah tutor atau prktikum


wajar sih ya panik karena takut kena sweep. Walaupun tradisi sweeping ini udah ada semenjak maba, tapi ntah kenapa yang tahun ini jadi viral gitu. Karena kelas terbatas juga dan mahasiswa peminat matkul tertentu itu membeludak, jadi sweeping adalah hal yang membuuat emosi bertambah. Padahal bisa sih nambah kelas kalau kuota yang ditetapkan mencukupi.

Nah, yak, ngomong-ngomong soal emosi nih, kamu salah satu mahasiswa yang emosi ngga sih liat kebijakan ini?

Kalo emosi nggak kok tapi masih heran juga kenapa kok bisa bentrok gitu kelas2nya. Dan kalo kita bisa selesaikan bareng2, baik2, ga sambil emosi pasti bakal aman, bakal enak juga. Akademik juga manusia bukan robot, dia juga makan nasi. Ngatur jadwal itu susah banget. Aku yang ngerasain jdi asistent dan pernah jadi PJ UAP dan disitu aku atur jadwal UAP mahasiswa 2016 itu susah.Ga segampang itu juga

widiwww kakak asisten

Mangkanya kita sama2 menghargai inshaAllah mereka juga paham terkait kebutuhan kita, pasti juga bakal memahami kita kok.


Nah. Buat kita kita, as mahasiswa semester 6, yang udah berkali-kali KRS-an mungkin harusnya lebih ngga panikan ya.Soalnya tuh banyak kejadian panik yang bisa menyulut emosi banyak orang. Sebagai mahasiswa juga harusnya kita lebih kebal dan tahan banting atas resiko yang ada, yakinlah kalau setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. And panic isnt a way out. Calm down. Akademik tidak akan membiarkan kita ngga kuliah.

Nah permasalahan salah sangka angkatan juga bisa jadi masalah. Jadi tuh, kemarin ada yang berinisiatif untuk mendatangi akademik untuk menanyakan terkait matkul semester 6, dan kita dibebaskan untuk memilih diluar matkul wajib. Nah, karena yang protes diforum mahasiswa seluruh angkatan, jadi kesannya acak banget kan, jawaban pun disama ratakan. Akhirnya anak semester 6 emosi karena bakal disweep juga kaya anak semester bawah.

Terkadang kita tuh cuma bingung soal birokrasi yang sesuai itu gimana, padahal ya ntar pasti akademik memberi solusinya. Ngga mungkin sampe ngga bisa kuliah karena ngga dapet kelas. Tapi seneng deh liat grup rame, kan jadi makin akrab. WKWK


Terima kasih, Ikhya udah mau jadi temen tiara ngobrol ditengah keresahan melanda akibat takut kena sweeping tapi sedih juga pada banyak yang emosi gegara ribet KRS-an.

SELAMAT BERJUANG! Selamat menuju detik-detik perjuangan terakhir perkuliahan, 


halo halo skripsi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BANDUNG’S ESCAPED: Cerita dari Bumi Pasundan

Life Lately

Fast-Paced Lifestyle