#KuliahHariIni 3sks.

yeay, this will be my first post of #KuliahHariIni. this chapter will contain the perks of being anak pertanian.

dan,
mari kita buka chapter ini dengan ciri khas yang melekat pada jiwa anak pertanian.

praktikum.

jadi, kuliah tiga sks hari ini bukan kuliah tiga sks pertamaku, tapi bakal mewakili rasa dan kenangan yang melekat pada matkul tiga sks.

2sks kuliah, 1sks tutor/praktikum. ditambah tugas terstruktur. ditambah laporan praktikum. ditambah waktu perawatan tanaman yang tak terbatas.

bisa dibayangin kalo enam sks nya begimana. boleh kalo kalian sanggup.

Kamis, 13 April 2013.
15.15
right after back form midterm. (jadwal perawatan emang gapernah liat waktu, bahkan diwaktu jam kuliah kosong karena uts pun jadwal perawatan tetap ada)

ini adalah jadwal kesekian kali tapi ini bakal jadi jadwal pertamaku. (iya boleh kok namanya dicoret dari keleompok:'))
kali ini praktikum TPT (teknologi pemuliaan tanaman).
tanaman aja dimuliakan, apalagi ka.......mu.

alesan ini jadi jadwal pertamaku, karena:
1. gada motor
2. lagi ngerjain pkm
3. gaada yang nebengin

kadang suka kesel sama diri sendiri kenapa gak bawa motor, tapi ya masa iya mau ngerengek rengek minta motor kayak bocah lima tahun minta baju gaun ulang tahun.

akhirnya, hari ini aku membulatkan tekad untuk ikut dan mencari tebengan. dan iya dapet. tuhkan, emang kalo mau usaha dikit aja sebenernya dapet kok. #self-reminder #notetomyself

and badluck tiara ending like a stranded girl. sumpah gatau progress apa-apa. ngga tau apa-apa tiba-tiba dapet kabar disuruh mindahin 200 polybag dari ngijo ke jatimulyo. 

dua ratus, teman-teman. 
ada kali tuh jaraknya 5kiloan.

yagitu, karena emang kekurangan orang, dan tiap minggu emang kekurangan orang, jadi aku sama Laila ikutan ngoper polybag dari ngijo ke jatimulyo. Lumayan bikin jantung olahraga, selain berat per polybag sekitar setengah kiloan dan tiap motor bawa 9 polybag, ditambah jalan ke jatimulyo yang padet banget, dua gadis tangguh ini berusaha untuk tetap tenang.

setelah dua kali polybag jatuh, sedikit oleng dan berkali kali diklaksonin orang,
tibalah 9 polybag persembahan dari tiara dan Laila.

abis itu aku nyerah untuk mengadu nasib di jalan dan memilih jadi mbak-mbak penyusun polybag di lahan jatikerto. Walau sukses bikin jari-jari keriting, ndak papa,

no pain no gain.

banyak belajar dari praktikum hari ini. Jadi merasa bersalah selama ini ngga pernah ikut praktikum. Udah ngerasain capeknya ngerjain praktikum sekelas tapi oleh segelintir orang. Capeknya bukan main. Beberapa kali denger sindiran dari yang halus kayak "Besok ke lahan lagi ya, terutama yang hari ini ngga dateng"  sampai yang se sarkas "upload grup dong biar mereka tau perjuangan kita, enak aja kuliah cuma tanda tangan doang". 

pedih, cuy. Mungkin aku digituin kali ya pas ga ikut. Ngga pengen marah juga, malah jadi sedih karena teriris dengernya. Like i'm that evil

jadi belajar, capeknya dilahan tuh ngga cuma buat nilaiku aja, kalau bisa nilai sekelas. Mungkin setelah kuliah enam semester, capek ke lahan bukanlah kali pertama. Tapi, kali ini emang yang paling beda. Biasanya kita dibagi ke kelompok kecil dan didampingi asisten yang bakal gebrak-gebrak kalo ngga dateng ke lahan bakal di alfa dan nilai ujian praktikumnya ngga keluar.

praktikum kali ini bener-bener menguji,
"Lo tuh kuliah buat tanda tangan apa mau tau ilmunya begimana?"

so much struggle.
struggle cari tebengan, struggle di lahan dan,


struggle baliknya. Jadi, temen tebenganku hari ini tuh ngekosnya di suhat which is itu deket banget dari jatimulyo dan aku anak sumbersari yang jauh di dekat ub sana. Karena kita udah sekotor-kotornya manusia kayak bocah lima taun abis main lumpur, kesepakatannya adalah:

tiara bawa motor herna balik ke kos nanti setelah mandi baru diambil. di jam balik kantor. di jam semacet-macetnya kota malang.

and everything that papa told me was popped up on my brain.
"Jangan bawa motor dijalan nanti jatuh"
"Jangan bawa motor banyak mobil besar"
"Jangan bawa motor, dibonceng aja bisa jatuh apalagi bawa......."

but this was a choice that i should pick. 
bilang herna aku gaberani bawa motor dan makin makin ngerepotin karena harus anter aku balik
or,
bilang herna aku bisa bawa motor dan berdoa sepanjang jalan.

the last was my choice.

Akhirnya dengan keteguhan hati dan bekal doa-doa aku pun berani pulang dari jatimulyo ke sumbersari. Macetnya ga kebayang lagi. Sampe pernah sangking macetnya aku berhenti di jalan naik-naikan. Ga paham lagi gimana ngerem dalam kondisi jari keriting abis ngangkatin hampir dua ratus polybag isi setengah kilo. Cobaan bertambah oleh pengalihan jalan. And a blind way tiara was stranded. The only thing on my mind was "udah ikutin aja orang depan, pasti dia anak ub juga", sampai akhirnya ketemu jalan besar. Karena orang-orang pada belok kanan, akhirnya aku ikutan belok kanan. Pas lagi nunggu mau belok sangking jalan rayanya rame, aku mikir,

mikir,
mikir,
mikir,

Lah kocak! belok kanan kan ke batu cuy.

mungkin urat maluku udah putus pas itu, aku pun ganti lampu sen ke kanan, 
ntah berapa mata yang melihat,
b o d o a m a t.

jalan dinoyo ternyata macetnya ga ketolong juga. Cobaan bertambah dengan banyaknya bis besar dan truk pasir. The most scariest reason why i never want to ride. Mobil besar. Karena tampangku panik dan bingung mau nyalip apa ngga, alhasil mulut mulut ga bertanggung jawab mas-mas dipinggir jalan yang asik ngegodain pun simpang siur. Karena digodain lebih seram dari nyalip, akhirnya aku nyalip

set
set
set

yash! masuk lah ke jalan kerto
i am mostly safe.

walau sepanjang jalan kerto juga macet. Setidaknya lawanku cuma angkot yang suka tetiba berhenti. Karena gamau dibelakang angkot, akhirnya aku nyalip......... lagi. (gaya udah jago nyalip, jadi nyalip terus:()

eh pas lagi nyalip ada mas mas lawan arah yang nyalip juga,
daku pun bingung,
jadi nyalip apa engga ya?
tapi posisiku udah di kanan si angkot,

terus kelamaan mikir jadi diteriakin bapak angkot,
"duh mba cantik maju o mbak, mba cantik maju, ndusel ae"

sebel ga tuh. akhirnya dengan kekuatan batin aku jadi nyalip,

and home safely. for sure.

alhamdulillah.
masih lengkap baju abis ujian.
my thumbs after angkat-angkat and ngerem.


Kuliah lapang hari ini banyak memberi pelajaran yah.

Kalo ngga mau susah ngga usah kuliah.

bukan soal transkrip nilai,

is there any change on you after reaching those fvcking degree? *ngomong sama kaca*

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BANDUNG’S ESCAPED: Cerita dari Bumi Pasundan

Life Lately

Fast-Paced Lifestyle