INTERNSHIP #DAY1

HALO! Bakal ngepost kegiatan selama magang sebagai pengingat biar gampang bikin laporan magang ntar.

cihuy.

seneng deh punya alasan untuk nulis.
WELCOME TO THE JUNGLE!!!!!!!!

anyway, setelah kegelisahan kemarin malam, alhamdulillah hari ini dilancarkan. Aku yang belum siap magang sama sekali hari ini ternyata diminta untuk langsung magang.

jam kerja dari jam 7 sampai jam 2. 

hari ini kenalan sama Kak Dessy, Pak Rahim (pembimbing lapang), Pak Supri (mandor lapang), dan abang-abang baik hati yang akan membimbing tiara selama di lapang.

Agak awkward sih, sebagai anak magang, aku diperlakukan kayak anak SMA yang dimanja.

ntah karena aku perempuan,
ntah karena aku kenal sama pak manager lapang
ntah karena pak Rahim yang inget anaknya kuliah juga jadi ngga mau kejam 
ntah karena mereka emang tidak seseram oang-orang yang aku baca di novel “Orang-Orang Proyek”


so awkwaaard.
dari perkenalan yang menurutku agak heboh untuk anak magang ingusan yang ngga tau apa-apa tapi memiliki kemampuan untuk menghentikan seluruh kegiatan di kebun biar bisa kenalan sama tiara.

sedih aku we. Abang-abang yang bingung itu pun heran kenapa ada cewek pake rok masuk hutan, terus kenapa Pak Rahim rela nemenin sampai ke kebun,

besok jangan pakai rok ya tiara. Tiara mau manjat?
kalau mau besok pakai celana ya-Pak Rahim
magang starter pack! notes+pulpen+biji sawit


and so do i. sama herannya.
akhirnya diperkenalkan lah tiara dengan yang lainnya, diberi wejangan untuk membagi ilmu sama tiara dan diberi amanah untuk menjaga tiara karena tiara perempuan,

agak tertohok sih dengar “menjaga”,
kalau aku jadi si abang, mending jaga baby palm oil, dapat duit yakan, kalau jaga aku yang ada menyusahkan *cry se ember*
baby palm oil, bring me some money, wud u? *kish kish*

jadi, dengan senyum super bahagia aku menyapa dan memohon bantuan. Untungnya abang-abang itu welcome dan emang hampir seumuran sama aku, jadi ngga butuh waktu lama untuk berteman.

untuk permulaan aku ditemenin pak mandor keliling kebun sambil dengerin dongeng soal polinasi.

well, polinasi itu penyerbukan bunga jantan dan bunga betina yang akan menghasilkan biji dari tandan tandan sawit.  Yang ada dilapang cuma bunga betina nya (Tipe Dura) yang akan dibuahi sama si jantan dari tipe pisifera. Beberapa pohon dikasi ring merah yang tandanya pohon pokok atau pohon penelitian yang biji akan diuji di lab dan tidak dikomersilkan. Ada 3 varietas pohon sawit di unit adolina, simalungun, apros & PPKS 540. 

minggu ini magang di bagian polinasi. Besok udah mulai belajar polinasi dari awal. Dari pengamatan bunga betina apakah siap untuk dibungkus/disungkup pake agrivek. Jarak pengamatan ke bungkus 2 hari. Jarak bungkus ke penyerbukan minimal lebih dari 10hari, kalau kurang dari 10hari ternyata bunga betina udah asistensis (besok ya belajar lagi, lupa asistesis apaan:( ) berarti bunga kontaminasi jadi penyerbukan harus digagalkan. Setelah penyerbukan, sungkup dibuka 15hari kemudian, boleh lebih kalau misalnya bunga betina berpotensi masih membentuk biji. Abis itu panen deh 5 bulan kemudian.

karena hari ini masih magang awal, jadi masih belajar soal teori (walau 3tahun kuliah belajar teori sampai mabok, ngga menjamin jadi pinter dilapang, setiap tanaman karakternya beda-beda, kalau spesifik gini bisa tau karakter dan perawatannya gimana) sama belajar administratif polinasinya gimana.

polinasi termasuk stase yang paling sulit, administrasinya banyak syekaleee. Setiap pengamatan, bungkus, penyerbukan, panen sampai pembatalan penyerbukan ada form nya masing-masing. Karena udah kebiasa, abang-abang yang punya ancak (tanggung jawab per sekitra 70pohon) udah ngga bingung lagi ngisi formnya. Padahal ribet, harus tau nomor registrasi, nomor pohon, nomor bunga betina, nomor bunga jantan, sampai hal sedetail mungkin. Karena bakal biji dari si pohon akan diteliti, setiap perlakuan yang diberikan tersimpan rapi dalam database. Jadi, bisa dibayangkan akan semengerikan apa hukumannya buat mereka yang berbohong dalam kerja.

hari pertama kerja dibikin sadar, jadi anak pemuliaan susah tapi pangkal kaya. Tugasnya hubungannya sama hukum dan dosa. Pemalsuan biji unggul bisa bikin tidur dipenjara sama denda yang bikin miskin mendadak, belum lagi dosa karena memasarkan biji palsu yang akan dimanfaatkan untuk banyak hal.
*in progress belajar manjat pohon* pray for me K.


BTW!!!!!!
jangan kaget,
dihari pertama magang, sudah ditawarin tebengan gratis sama salah satu abang yang emang dari tadi banyak bantuin aku belajar dilapang, sama nganterin sholat.

wkwk LOL sih, untung udah langgakan pak usman jadi punya alasan untuk menolak.

btw juga,
kalau dichat jangan lupa sholat dari dzuhur sampai isya’ gini modus apa ngga ya?


HAHAHA
doain besok magangnya lancar yah. Yang lagi magang juga semangat,
inshaAllah barokah,


semoga bisa jadi gambaran dunia kerja bakal gimana.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BANDUNG’S ESCAPED: Cerita dari Bumi Pasundan

Life Lately

Fast-Paced Lifestyle