INTERNSHIP #DAY31

HALO! 
Karena kemarin banyak yang ngomen
“tiaraaa jangan sedih”
“tiara kuat ya”
or even
any other comments that make me realized that i posted something creepy into my blog.

maafin ya teman-teman.
magang menyenangkan kok. Beneran. Ini serius.

menurut aku, magang bukan sekedar blanko nilai yang harus terisi, tapi soal mental diri ini yang ada difase meninggalkan masa remaja. Huhu, sedih ya. Iya, bye bye masa remajaku yang kian menjauh.

nih ya, a little throwback about magang. Dari awal banget ngurus surat pengantar. YaAllah susahnya ampun-ampunan. Banyak cobaan melanda dari dosen pembimbing susah ditemuin, revisi proposal berkali kali, komoditas ngga boleh sama seangakatan sampai koordinasi ke perusahaan yang memakan banyak waktu. 

Buat aku, yang emang suka cari kerjaan, magang diluar pulau itu cobaan banget. Dari koordinasi perusahaan yang lagi-lagi masih bergantung sama papa. Dan itu kelapa sawit, bruh. Pasti deh, kalo ditanyain magang dimana pada respon,

“Yaampun tir, jauh amat”
“Tiaraaa kamu kan perempuan ngapain diperkebunan”
“YaAllah dek, itu berat loh kerjanya. yakin kuat?”

dan kalimat ketidaksetujuan tersirat lainnya
Meanwhile me, dengan keidealisan tingkat dewa pun berpikir,

Iya emang jauh. Tapi emang ada syarat jarak maksimal lokasi magang sama kampus? Ngga ada. So why not? Jangan sampai mengotakkan diri diperusahaan magang dalam pulau, hanya karena gamau ribet dan takut. Which means, your real life will even scary than this intern life. Alasan kayak gitu tuh ngga pantes banget buat mahasiswa semester 7.

kedua, ngapain perempuan diperkebunan? alesan becanda sih kalau di tanaman pangan pasti panas karena tanemannya pendek-pendek hahah. Kalau alasan agak serius karena biar ngga mainstream aja laporan magangnya beda sendiri. Kalau alasan seriusnya karena ada rencana jangka panjang disana. Yoi.

berat kerjanya? aku loh masih sempet jalan-jalan keliling lapangan lompat sana kemari ngiterin lab dan bahagia. I am feeling like i am home. Bener-bener tingkat keingintahuan aku yang cukup bodo amat ini meningkat drastis. Bener-bener mau ngerjain semuanya. Inget aja, kita pasti bakal dapet sesuai porsi kok. Sekali lagi, jangan takut.

Hari ini aku udah mulai di lab sampai akhir. Bener-bener banyak kerjaan yang dilakukan. Dari sterilisasi alat-alat perkecambahan, mandiin baby palm oil sampai belajar hidup di perbaungan bersama ibu-ibu. My life seems productive so far. Mulai jelas gambaran alur persawitan dari polinasi sampai dipasarkan. 

At the end, buat adik-adik yang akan magang tahun depan, semoga dapet tempat magang yang sesuai diinginkan dan pasti yang terbaik. Karena lagi, magang bukan soal dimana tempat magang yang banyak temannya, atau bahkan cari tempat magang yang gaada kerjaannya.

just dont.
kalau bisa punya rencana jangka panjang. Buat penelitian mungkin, atau bahkan calon tempat kerja di masa depan.

Your work defines your quality as a soon to be bachelor.


ngomong-ngomong bachelor, ingin cepat lulus karena ngga enak harus bayar ukt lagi tapi belum siap sama dunia paska-kampus? gimanadong *mikir* 

here are selfies in the middle of intern. 








Loc: PTPN IV - Lab. Adolina, Medan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BANDUNG’S ESCAPED: Cerita dari Bumi Pasundan

Life Lately

Fast-Paced Lifestyle