Jogja's escaped: the most affordable one day trip!


living as 20th and far away from family, turns me into a free soul who run their own life.
apa yang kalian lihat distory instagram terkait: pulang diatas tengah malam, keluar sendirian, traveling keluar kota adalah bentuk kenakalan dari anak pertama pak wandi. Kalau lagi dirumah, tiara hanyalah anak rumahan yang kemana-mana harus dianterin pak bos, izin setengah mampus dan ngga punya jam malem (aku cuma punya jam sore, jam 5 ngga dirumah, bisa digantung dipohon depan rumah). Kadang aku mikir, kalo misal aku ketauan nakal gini, bisa-bisa dihapus nih dari KK. hehe

tapi, kapan lagi jadi anak rantau.

stok energi masih banyak,
waktu masih cukuplah buat main sehari dua hari
uang? bisalah diusahakan


so hey it’s jogja.
once more.
ITS JOGJAAAAAAA AAA AA!

h+1 setelah semhas aku memilih untuk kabur dari Malang. Malang yang belakangan membuatku jadi malang. haha. Gadeng. emang mau jalan-jalan aja, tapi bakal merasa berdosa kalo pergi sebelum semhas.

it’s kind of a self reward. i wanna say thank you to myself for going through all the target. “you really do a great job, tir. well done!” a sentence that i repeated in a couple times to irradiate my soul. “stop thinking too much, stop crying on nothing, be brave and be kind, okay?” 

so yea.
hello, Jogja!
berbekal tiket PP 160K, itenerary rapi dan teman yang menjamin perjalanan jogjaku,
berangkatlah aku.

by the way perjalanan ini dibikin super rapi untuk membatasi pengeluaran tak terduga, puas dengan waktu yang cuma sehari lebih dan menghindari kebohongan saat ditelfon pak bos.

contoh,
saat ditanya “kak, lagi dimana?” maka aku akan menjawab “dikamar”. Alhamdulillah ga ditanyain lagi dikamar mana. bener kan? pas lagi ditelfon aku lagi dikamar penginapan, ya meskipun dijogja sih bukan di malang.
atau pas ditanya “kak lagi ngapain?” maka aku akan menjawab “lagi cari makan”. gabakal ditanya lagi cari makan dimana eheee

Pak bos bisa nelfon sehari 3x. aku sudah memperhitungkan jam rutin ditelfon dan keberadaanku dijogja. Jadi harus menghindari ditelfon saat lagi dilokasi yang jawabannya bikin curiga.

#1 Artjog. Ini adalah salah satu bucketlist aku, main ke pameran seni. Awalnya pas beli tiket ngga kepikiran kesini, eh h-2 sebelum berangkat doi buka dong. Asique.
Artjog acara tahunan di jogja. Biaya masuknya 50K. Harusnya lebih bisa menikmati karya, tapi karena aku baru masuk jam 9 malem dan mereka tutup jam 10 jadi agak keburu-buru gitu deh. Tiap malem ada live performance nya gitu, a well night to spend sih.





#2 Coffeeshop nya anak jogja. Ntah aku yang salah ngajak temen ngopi atau gimana, tapi kopinya ga masuk akal cuy. 36K. dan b banget. Ambience-nya emang buat nugas bukan buat nongkrong atau nikmatin kopi.
#Puthuk Setumbhuk. Perjalanan ke gereja ayam dimulai jam 2 pagi dini hari, memakan waktu perjalanan sekitar dua jam. Gereja ayam masuk provinsi jawa tengah, di magelang. Karena aku dan ficky anak batam, yang mau ke kota sebelah aja harus nyeberang laut dulu, perjalanan lintas provinsi pakai motor adalah sebuah moment yang patut dibanggakan. Karena itu tengah malam, aku sangat aware sama truk truk yang lewat, motor atau mobil yang mendekat saat jalanan sepi dan terus berkomunikasi sama ficky agar dia tidak ngantuk. Sebenernya ficky juga buta arah sih dan aku sangat parnoan, jadi banyak-banyak istighfar ajalah ya.
viewnya gunung Merbabu & gunung merapi.
tiket masuk 15k+jajan gratis
bukan gereja tapi rumah doa. bukan ayam tapi burung merpati.
#Sleman. Merapi view. I am addicted to take a pic on merapi view. Karena pernah diiming-imingin di grup LS pas mereka foto di semeru view. Jadi aku pengen bikin versi saingannya. Perjalanan balik dari magelang ke sleman juga bikin lemes sih, mengingat kita belum tidur sama sekali. Sampe di sleman, agak kecewa karena merapi nya berkabut, dan sangat tebal. Masih keliatan tapi kayaknya ngga bakal bersih di kamera. Pas itu udah mendung tapi kita tetep ngotot naik, nah tetiba ada suatu badai yang kayak badai pasir tapi bikin panas dikulit, tapi karena kita pantang menyerah, jadi tetap diterjang. Lalu mulai panik karena orang-orang puter balik, akhirnya aku yang udah hopeless pun milih untuk puter balik juga. Selama perjalanan balik, kami disuguhi pemandangan ibu-ibu dan anak-anak dipinggir jalan beraut muka sedih nan panik, bapak-bapak pada pegang walkie-talkie, dan pengguna motor yang motornya sama jaketnya udah penuh abu. If you can imagine that aku sama ficky seperti orang yang ngga dapet broadcast-an dan tidak di briefing.
sebenernya tuh ini kenapa?! tolong tolong ini kami dikasih tau.
sampai di km 0 pas mampir indomart baru deh si ficky bisa buka grup dan ternyata merapi lagi ngeluarin abu freatik dan baru saja meletus. iya, aku seperti menjemput malapetaka. hehe

#TamanSari. Setelah lari dari maut, kita melipir ke taman sari. thats mainstream place to visit. Karena udah capek dan rame banget, jadi aku foto ala kadarnya sambil menikmati taman sari. One thing that i adore, pintu masuknya lewat rumah-rumah warga gitu, jadi ngga heran kalau warganya memanfaatkan kondisi tersebut untuk memulai usaha atau menjadi tour guide karena ada beberapa spot yang emang tersembunyi dan bikin tersesat. Baiknya adalah wisata ini membangun perekonomian warga sekitar dan ngasih akses kita untuk berkomunakisi dengan warga lokal


Abis dari taman sari kita memilih untuk istirahat, karena kondisi jogja juga tiba-tiba hujan abu yang membuat jalanan penuh kabut dengan jarak pandang kurang dari 5 meter. 
Aku nginep di YezYezYez. Penginapan seharga Rp. 50.000 untuk kamar tipe dorm room khusus perempuan. Super worth to try karena sangat artsy dan nyaman. Mas-masnya juga ala ala anak indie gitu yang super ramah. Tapi karena aku booking penginapan cuma buat tidur, jadi ngga bisa bener-bener bonding dengan vibesnya. Berencana untuk kesana lagi untuk menginap sih, iya karena sebikin nagih itu.





Jam setengah 4 sore kita lanjut ke Bantul Wisata bukit-bukit dan naik naik ke puncak bukit. Abis itu makan sate klathak yang katanya kudu banget makan itu pas ke jogja. Malemnya meet up sama pepep, mantan staff menlu yang pindah ke jogja. Diajak ngopi sama pepep, kirain bakal ngopi beneran, eh sama aja, ngafe ternyata. Abis itu ditemenin keliling alun-alun sambil ngeliatin orang pacaran, street live music, pengen beli koling tapi riweuh banget ngga bisa parkir jadi yauda jalan-jalan aja deh. Anaknya emang mageran kalau disuruh ribet hehehe
SATE KLATHAK PANG PONG!
sama pepepp
Abis itu balik deh karena besoknya kereta jam 8 pagi. What i love on solo travel is ngemper di stasiun (exactly right beside the rail) karena pagi itu padet banget dan bodo amat lah ya ngga ada yang kenal juga sambil nyemil ayam cfc. Karena hari itu hari pertama halangan, jadi dilepnya masih ampun-ampunan, pilihannya bobo atau ngobrol sama orang. A kind-hearted tiwi akhirnya menemaniku via telfon selama 3 jam hehehehe

Nyampe disurabaya ternyata ngga dapet tiket kereta ke malang, akhirnya ngegrab ke terminal dan dijemput mba zahro di terminal malang. Malemnya langsung ke kontrakan maul karena udah ngeagendain surprise ultah Lagang. Anyway, Happy birthday, Gang!

this post also tribute to friend over there, my sunrise to my sunset companion, Ficky, terima kasih sudah memenuhi ambisi jalan-jalanku. Terima kasih juga buat motor temanmu. Goodluck, bat! see you when i see you. Sending a bunch of prayer from Malang for your college stuffs! get your college work done soon, yes?Aamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BANDUNG’S ESCAPED: Cerita dari Bumi Pasundan

Life Lately

Fast-Paced Lifestyle