A Man Called Papa

Selamat hari ayah, Papa!
Iya telat dua hari, memang tidak pernah dibesarkan untuk hal-hal selebrasi, bahkan di hari ulang tahunku papaku malah ngirim chat berisi dakwah larangan merayakan ulang tahun wkwk at least he knows the day i was born. Thank you, then.

Hari ini disadarkan oleh hal yang membuatku semakin sadar untuk bersyukur, 
terima kasih sudah mengirim papa, Tuhan.

Pagi tadi, tepat sehari setelah interview yang lumayan bikin spaneng dan menghabiskan energi, aku dapet email dari perusahaan yang pernah direkomendasikan sama papaku (iya semenjak anaknya pengangguran papaku jadi pecinta website jobstreet), emailnya berisi kalau aku lolos tahap administrasi dan memenuhi kualifikasi untuk lolos menjadi management trainee di perusahaan tersebut. MT coy, bukan main. Belum apa apa udah MT aja.
sesungguhnya email ini datang di waktu yang tepat:
  1. aku anak polos yang belum banyak pengalaman dibidang rekruitment setelah tahap administrasi, interview pertamaku ya kemarin, itu pun berkat bimbingan papaku
  2. aku abis aja melalui interview yang lebih mematikan dari sidang skripsi, jadi ku hopeless lah yakan, dari banyak lamaran itu satu satunya panggilan interview dan aku ngerasa itu satu satunya kesempatanku 
  3. aku baru aja mengundurkan diri dari field test dupont (ntah mengapa dua kali daftar dupont keterimanya pas aku di medan woyyy kenapa, kan dari kemarin saya di jawa) huft
  4. ibu abis beli salah tiket, harusnya tanggal 14-16 tapi yang kebeli tanggal 19 transit cengkareng. Seumur-umur aku ngga pernah ke bandara soetta sendiri karna terminalnya yang membingungkan, jadi marah-marah lah yakan aku ke papa sama ibu, nah ternyata trainingnya tanggal 19 di jaksel, pas bukan? aku tidak perlu melanjutkan perjalanan ke surabaya.
  5. ya aku butuh aja keterima kerja, hehe

Jadi email itu datang disaat yang tepat dikondisi yang tepat dan orang yang tepat. Aku sempet nelfon papa dan papa setuju untuk aku ngga usah ke surabaya aja abis transit cengkareng. Iya emang segitunya. Tapi, abis itu aku mikir, banyak banget kejanggalan dari emailnya, akhirnya aku cari riwayat penipuan atas nama perusahaan tersebut. Emang bener, itu penipuan dengan berkas PDF yang sama persis. Suka kurang ajar gitu emang. Ada orang jahat kaya gitu ya, memberi harapan palsu kepada kaum yang sedang lelah dengan banyak penolakan. Kalo ngeliat orang jahat gitu katanya dia adalah orang baik yang pernah tersakiti, so who hurts you then? cause this cruel thing that you did, can't stop amazed me anyway.

But lucky me, i have my dad on my back.
Dari jaman skripsian, siapa coba yang tiap hari bangunin pagi yang bikin semangat langsung mandi dan pergi ngampus demi dapet ACC proposal, yang tiap hari nungguin kabar kemajuan proposal sampai akhirnya seminar, yang beliin tiket bolak balik medan malang karena anak manja yang suka ngga betah, yang tiap hari dengerin aku ngeluh soal penelitian, yang berusaha memberi banyak hiburan biar aku betah penelitian, yang nemenin waktu siang-siang di tengah sawit belantara lewat telfon, yang memberi banyak solusi dari masalah-masalah gadis belia hilang arah, 

Ya Papa. Mungkin skripsiku ngga bakal selesai sebelum jatuh tempo kalau ngga diingetin tiap hari, emang suka merasa tertekan, tapi sebenernya papaku ngga pernah bilang nyelesaiin skripsiku biar cepet lulus, ya papaku ikut bantuin cari jurnal, ya papaku bantuin penelitian bahkan di medan, ya papaku memberi mental support, jadi bukan semata-mata “Udah nyampe mana?kok belum selesai sih” karena setiap progressku pun papaku tau, setiap masalah penelitianku pun papaku tau. Makanya kalo aku mau marah-marah karena ditelpon tiap hari ditanyain skripsi, ya agak kurang ajar juga sih. Karena sebenernya bukan dituntut untuk lulus tepat waktu, tapi dibantu untuk lulus tepat waktu.

Makanya kemarin pas papaku berencana untuk tidak datang diwisudaku, aku pun ngga papa, karena ya itu tadi, kita ngga pernah dibesarin untuk hal-hal berbau selebrasi, hampir aja aku dateng sama mbahku. Tapi aku mikir, selebrasi wisuda ini bukan buatku, ini itu didedikasikan untuk Papa, seseorang dibalik terwujudnya skripsiku, yang mendukung sepenuh hati dengan sabar, and yes also financially, hehe.

Bahkan sampai aku selesai sama birokrasi perkampusanku, papa jadi orang yang selalu merekomendasikan banyak lowongan kerja, memberi dukungan finansial untuk mobilisasiku ke banyak jobfair, sampai kemarin waktu aku interview yang paling mempersiapkan ya papaku, yang selalu bilang
“Udah tenang aja, ngga usah panik, anggap aja ini belajar interview”
“Papa udah liat lokasinya di google maps kayaknya itu deket sungai dulu tempat papa mandi”
“Papa udah liat jurnal publikasi perusahaannya, pasti itu perusahaan bagus deh”
“Papa baca banyak yang lulusan USU yang kerja disana, bachelor itu apa kak?”
“Kakak sudah kirim PPT? kalo menurut papa, kakak harus hafal tuh semua PPTnya, kayaknya nanti bakal dihilangkan kata atau angkanya yang ada di PPT kakak jadi diuji beneran bikin PPT sendiri apa ngga” (ini agak lebay sih, tapi bisa bener juga, kok kepikiran lah ya)
“Kak ini tuh namanya interview user, jadi harus paham teknis, enak loh, ngga pake interview HRD”
“Papa sudah liat di shopee harga adaptornya, jadi mau beli adaptor?”
“Papa sudah tanya sama kawan papa, coba ngomong nih sama kawan papa adaptornya macam mana”
“Kak sudah beli adaptor?” (akhirnya karna hampir tiap hari ditelpon soal adaptor, beli lah kan aku adaptor H-1 sebelum ke Medan, padahal awalnya mau pake laptop kantornya aja, tapi kata Papa takut formatnya rusak jadi dipaksa beli adaptor biar bisa pake laptop sendiri)

Kalo diliat emang papaku yang paling semangat, pun aku jadi terbebani untuk belajar, tapi ternyata abis selesai interview, aku yang malah hopeless, terus papa bilang
“Yaudahlah ngga papa, nggausah berkecil hati gituu, kalo ngga keterima ya bukan rejeki berarti, anggap aja ini pengalaman”
bahkan ngga ada nada kekecewaan yang tersirat. Menurutku ini dukungan orang tua yang ideal, pengingat untuk selalu berusaha namun memberi dukungan agar tidak patah semagat diwaktu yang sama.

Postingan ini akan menjadi dokumen virtual yang nantinya akan kubaca lagi, atau secara tidak sengaja terbaca papaku saat tau anaknya punya blog. 
Dear Papa,
i know i am not a daughter you need to proud of
i know i am way much annoying when i am around
i know i have so many way to break your heart
but one thing
you are the best thing that i ever had
the one who never fail me
the one who stand by me
thank you
to grow into a person i have become
to support whole-heartedly, patiently yet financially
i am nothing without you.
I wish God doesnt need you there, cause i need you here.


me gusta.




PS. Blog ini akan diupdate seiring tiara mencari foto berdua dengan bapake hasil kamera analog jaman dulu dan foto wisuda mendatang. HEHE

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BANDUNG’S ESCAPED: Cerita dari Bumi Pasundan

Life Lately

Fast-Paced Lifestyle