about today.


So i decide to back to my grandpa’s house 56km from Malang in case i was just too sick.
or i need to going back here continously once a week so my dad not force me to do such “pulang ke batam”
cause i was tired my mom ask me to “nikah aja” like it is as easy as “beli bawang sana ke warung pojok”
i was tired mom, please.
dari pada berantem terus sama ibu debatin soal nikah yang bikin aku tambah banyak dosa karena melawan orang tua, jadi pandaan adalah tempat persembunyian yang pas untuk semua ini.

Hey, i am 21 and its okay to be a single:(((((
ini bukan self-denial, tapi aku sedang bertanya-tanya apakah jaman sudah bergeser sehingga dua puluh satu tahun tidak menikah adalah hal yang patut dikhawatirkan.
aku bawaannya pengen marah-marah aja, sudah disiapkan jawaban kapan lulus yang ditanya kapan nikah. Kesal sekali. Kenapa ya, atau memang orang tua tuh suka menguji anaknya diluar batas kemampuannya *tanda tanya banyaaak*

ada anaknya sudah ingin nikah, malah dibilang ngga boleh, disuruh kerja dulu
ada anaknya sudah punya calon, sudah siap nikah, dibilang “dikuliahin mahal mahal malah nikah cepet”
ada anaknya mau kerja aja dulu, dikira ambisius jadi wanita karir, jadi dipaksa nikah

memang betul, Allah tidak memberi cobaan lebih dari kemampuan kita, tapi orang tua bukan Tuhan jadi mereka suka memberi tantangan diluar kemampuan anaknya.

jadi, a hopeless tiara
pulanglah kerumah kedua.
Mbahku juga belakangan suka ngechat diline suruh pulang aja, jadi karena ngerasa diharapkan, pulanglah aku. Surga memang supersimpel. Dapur yang selalu ada makanan, punya teman main, punya teman nonton TV dan tinggal bilang “Mbah, tata pengen *insert nama jajanan enak*)” niscaya langsung terkabul.

Mbahku itu kayaknya memang titisan ibu peri, kok kayak mesin pengabul mimpi gitu ya. Mbahku juga lah yang menjadi alasan papaku berhenti menyuruhku pulang ke batam.

belakangan jadi sadar, di Pandaan itu banyak banget sodara. Kalo seminggu sekali pulang, bisa nyicil main kerumah sodara yang lain. Seru sekali, bisa ngobrol banyak, sekalian minta doa-doa agar dilancarkan kehidupan paska kampusnya. Selain itu, mereka juga senang sih aku datangin, katanya aku mirip banget banget banget sama mama, jadi mereka kalo kangen mama tinggal liat aku aja. Terus aku kalo kangen harus ngaca gitu ya? kan muak ya liat diri sendiri:(

kemarin mbah uti ku nangis sambil curhat. biasalah masalah masalah yang menurutku akan hadir saat kita berkeluarga. Tapi yang buat heran, mbahku ini udah menikah sekitar 40 tahunan, tapi masih suka miss com. sama mbah kung. Sebenernya mbahkung ini menurutku udah jadi orang yang sangat pengertian, sangat baik dan sangat berhati malaikat. Tapi karena emang mbah uti ini orangnya pemikir sekali, jadi semua-semua yang menurutnya salah itu dipikirin, misal menantunya datang kerumah, terus ngga nyapa dia, diajak ngomong jawabannya asal, tiba-tiba pulang ngga pamitan, emang agak kurang ajar sih kalo dipikir-pikir, jadilah mbah utiku ini sedih karena bingung salah apa sampe digituin sama mantunya.

karena mbahkung ini sebenernya sedih kalo liat mbah uti nangis, jadilah mbahkung marah karena hal kayak gitu ngga penting untuk ditangisin, ntar mbah uti sakit. kalo bahasa gaulnya, they dont deserve your tears, love. Tapi mbahuti dimarahin jadi makin tersakiti hatinya,
aku setuju sih, perempuan tuh kalo nangis either didiemin aja or dipukpuk. Kalo dimarahin tuh makin merasa kayak ngga ada yang bener gitu loh didirinya.

disini pun aku berpikir, kenapa ya hal-hal sesepele nangis aja masih bisa bikin berantem di usia pernikahan yang hampir menyentuh fase perak (jadi ada fase perunggu (25tahun), perak (50tahun) dan emas(100tahun), ternyata ya kalo aku takut nikah karena takut berantem, ya emang berantem tuh ngga ada abisnya. Yang ada tuh saling memaafkan, it involves a lot of forgiveness and you need to accept that your  other half isnt perfect. HEHE OKE

Pusing kan ya ngomongin menikah? Kalau dibilang takut menikah karena takut disakiti, agak nonsense ya. Bukannya definisi mencintai itu berkorban? nah dalam pengorbanan itu kadang melibatkan banyak sakit hati, jadi ya mau ngga mau, diusahakan bagaimana pun juga akan tetap melibatkan banyak air mata. Alasan paling logis seorang tiara yang otaknya udah ga pernah dipake mikir hal-hal ilmiah lagi sejak urusan birokrasi perkampusan selesai adalah ya mungkin belum ingin menikah karena ada target lain yang masih ingin dicapai selain menikah. Mungkin untuk orang lain, di umur segini menikah ada di timeline hidupnya, tapi belum di timeline hidupku.

Dulu, 16 tahun lalu, masalah terbesarku sama orang tua adalah makan sayur dan seragam ketumpahan saus bakso tusuk. 6 tahun lalu, masalah terbesarku sama orang tua (khususnya ibu) adalah ngilangin tupperware dan ngga ngabisin bekal. And here i am, a fresh 21 yo gal yang berantem karena masalah presepsi menikah. Mungkin ini terbentuk karena lingkungan dimana anak-anak seumuranku, atau bahkan lebih muda sudah berani untuk memutuskan menikah, kadang suka kesal sama teman dan adik-adik, gini kan jadi tuntutan juga buatku dipertemukan sama pertanyaan “kapan nikah” sedini mungkin. Lah situ enak dah nemu, LAH UWE? hm gaboleh emosi *elus dada*. Tapi jadi sadar, jodoh kan ditangan Tuhan ya, jadi aku akan menjawab “ya kalau jodohnya udah dateng ya nikah, kalo belum ya belum” tapi masih takut kalo jawab gini ke ibu, ini akan menjadi lampu hijau buat ibu untuk mempromosikan anak gadis pertamanya yang jomblo ini.

Begitulah latar belakang mengapa aku memilih untuk stay di pandaan daripada di Batam selama menunggu wisuda (menjawab banyak pertanyaan apakah aku sudah di batam apa belum, kadang suka heran untungnya menanyakan hal itu apa ya, karena aku langsung spaneng kalo ditanyain begituan, ya ngga mau bilang kalo dipandaan untuk meminimalisir ajakan main di malang aja sebenernya). Nah, selama di pandaan, karena dasarnya anaknya suka menyiksa diri, kegabutan yang nyata ini malah membuat diriku panik. Akhirnya aku memiliki hobi baru,

Dateng ke jobfair. HEHE.
Jobfair pertamaku adalah IBD Expo, pameran perusahaan BUMN. Bareng Ima. Untung aku sama Ima, anaknya super tidak ribet, koordinasi seadanya eh tiba-tiba di hari H kita udah ada di terminal pandaan. Definisi tidak terencana dengan baik namun terlaksana. Hari itu hari aktif, bis, bukan main padetnya, bener-bener aku sama Ima baru naik satu tangga di bis, udah ngga bisa kemana-mana, bahkan mau noleh kanan kiri udah ngga bisa. Tapi ntah mukjizat apa, tiba-tiba ada ibu-ibu yang menggeser sedikit badannya dan nyuruh aku duduk di tempat sebelah pak sopir. Nah karena arus keluar masuk penumpang di bis cukup cepet, jadi aku kepisah deh sama Ima, sepanjang perjalanan yang sesak itu aku sempetin liat dipantulan jendela bis, Ima ada dimana, bener aja, sampe terminal surabaya Ima ternyata cuma dapet duduk selama 5 menit, dari satu jam total perjalanan. Abis itu kita lanjut nge-grab, ke grand city surabaya, jauh tapi hanya 10ribu, terimakasi kode promo JATIMIRIT *kiss grab*. Nyampe di grand city, aku sama ima agak terkejut ya, selain rame nya kebangetan, rata-rata pada dandan ala mba/mas pekerja profesional. Pada saat itu aku merasa menyentuh titik kegembelan dalam hidup, lalu kuajak lah si Ima ke toilet untuk berbenah setelah menerjang panas dan kerasnya kota, asiq. 


Walau kayak gadis belia yang kehilangan arah, ini kan jobfair pertama kami yang diniatkan untuk mencari kerja, jadi ya emang masih seceria itu. Ntah lah kalo udah jobfair kesepuluh, kayaknya udah hopeless kali ya. Ya semoga saja tidak dipertemukan sampai jobfair ke sepuluh sih ya hehe. 

duduk bersama para pengangguran.

pengangguran tapi ke yoshinoya. suka sombong.
Setelah keliling dan mendatangi stand BUMN yang memang sudah direncanakan dari awal, ternyata untuk job opportunity ada di lantai 3 agar bisa langsung DROP CV. Nah, lesson of the day untuk job fair pertama kami adalah harus bawa amplop coklat untuk wadah berkas yang mau ditaruh di setiap standnya. Gapapa gapapa, baru jobfair pertama kok *berusaha meng-gapapa-kan diri agar tidak panik*. Karena udah ngerasa cukup, akhirnya kita cari mushola dan merencanakan untuk makan. Lalu, agenda ke jobfair pun selesai,
a day to remember. semoga apa yang disemogakan akan segera diaminkan.
but hey it’s Soerabaja, sayang kalo ngga main. Karena aku dan Ima sudah menjadi anak rumahan yang jauh dari Malang dan Surabaya, main ke mall adalah suatu kejadian langkah, jadi melipir deh ke TP. Tapi pas pulang agak nyesel sih, padahal ada BBW sama market fest, huft. Pengangguran ngga tau diri emang suka gitu, main adalah prioritas.

So that’s that. kind of my day lately. 
hey, 
goodluck goodluck for whatever you are all doing right now,
this too, shall pass.
at the end,
all are insanely beautiful, right?
yes,

it will. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BANDUNG’S ESCAPED: Cerita dari Bumi Pasundan

Life Lately

Fast-Paced Lifestyle