The Life of Anak Ahensi

Baru aja impulsif mengganti template blog, karena aku merasa harus tolak malas ngeblog dengan mengganti suasana blog.

Sampai seorang teman mengirim reminder ini melalui twitter,


Iya emang udah selama itu. *bersihin sawang*

Sebenernya kalo dibilang sibuk, engga juga. Apa sih sibuknya anak ahensi?

Full time di rumah, concall pake piyama berlapis blazer, ketersediaan amunisi 100%, ngga heran kalo selalu dikira pengangguran.

Cuma, di umur segini, aku udah ngga peduli orang punya persepsi apa soal aku, what's matter is:

the amount of my bank account. ha ha ha *tawa iblis*

Ngga bikin kaya sih sebenernya jadi anak ahensi, cuma karena udah ngga ada biaya transportasi atau makan atau biaya belanja berkedok self reward karena stress kerja, jadi emang jadi jauuuuh lebih bisa nabung.

Tapi, emang seindah itu jadi anak ahensi?

Tentu tidak, wahai teman teman. Kalau pas dapet chat kayak gini emang bikin kecepatan tanganku mengetuk notif meningkat 200%,

tapi gimana kalo tiba-tiba concall mendadak kayak gini:

Ladies pasti paham bahwa bilas masker yang masih basah
adalah sebuah kesia-siaan.

Dulu aku minder banget mau mengakui sebagai anak ahensi, denial aja gitu "emang iya aku anak ahensi?" tapi setelah 9 bulan serius di bidang ini, akupun mengakuinya.

So here is a glimpse of Anak Ahensi Life:

1. Bergerak dari concall ke concall

Karena hampir semua proyek di luar daerah, maka satu-satunya penghubung adalah conference call. Terima kasih kepada teknologi, membuat semuanya lebih mudah dan lebih damai. 

Enaknya, sekarang udah gaperlu nyiapin smart casual outfit buat nemuin klien atau rapat bareng internal. Dulu aku selalu ribet nyiapin baju buat rapat di esok hari, atau selalu punya alasan beli baju baru setiap bulan demi smart casual looks. Sekarang bisa aja tuh cuci muka, ngalis dan lipstik, pake blazer, pashmina sampir kekinian, udah deh, uda oke banget tuh buat outfit concall.

Tapi strugglenya adalah mindset "ah kan concall doang" yang membuat jadwal concall sangat tergantung mood. Padahal, concall juga seperti rapat offline, ada persiapan bahan rapat, ada persiapan mental untuk rapat, dan lain-lain.

2. "Pasti jago desain ya?!"

Pertanyaan yang akan datang setelah menjawab "Kerjanya bikin konten". Jawabannya, tentu tidak. Bisa, tapi ngga jago ala-ala illustrator andalan semua umat atau desainer yang ngeclaim desainnya otentik. Kalo mau kaya dan menghasilkan lewat kerja jadi anak ahensi, kamu perlu banget tuh melunturkan idealisme itu. Being in creative agency, is about how you monetize the content into money and convincing your client that you can help them by creating content. 

Udah jadi obrolan semua umat, kenapa akhirnya banyak creative agency dengan desain super duper otentik dan edgy, tapi portofolionya sedikit. Bayangin aja, berapa waktu yang dibutuhkan untuk ngeposting satu konten? panjang sekali. Sedangkan kebutuhan agensi baru adalah ngepost setiap hari. 

Consistenty is the only constant. Aku juga baru paham setelah bertumbuh bareng suatu ahensi, kalau mau ngebangun creative agency itu main powernya dikonsistensi. Kalau untuk ngebuat satu konten aja butuh waktu satu minggu, bakal kalah tuh sama yang buat konten tiap hari. Secara awareness udah kalah, walau secara visual mungkin bisa jadi menang.

Pada akhirnya, portofolio lah yang mengkonversi awareness ke closing proyek.

3. Dikira pengangguran sama sejuta umat

Seperti diawal, jadi anak ahensi gabisa tiba-tiba kaya raya sih. Awalnya tentu aku ada di survival mode, bikin fake project (re: rebranding suatu produk untuk dijadiin portofolio konten) demi portofolio, lebih sering ngeshare soal kerjaan di IG biar orang-orang tau kalo kita penyedia jasa konten. Lucunya adalah, aku sangat sering ngeshare soal kerjaan di awal-awal mau fokus jadi freelance digital branding. Sekarang aku paham, semakin sering aku posting di IG, berarti proyek lagi sepi sampe sempet buat buka IG. Karena percayalah, kalau kamu lagi banyak proyek, gabakal sempet tuh namanya buka IG pibadi atau pencitraan punya kerjaan wkwk

Nah, jadi gimana tuh caranya bertahan jadi anak ahensi biar bisa tahan lama dan bisa diandalkan keluarga? wkwk apa banget sih narasinya, sebel:(

cari proyek-proyek retainer, atau long term project. Seenggaknya ini bisa memperpanjang napasmu sampai beberapa bulan jadi bisa nabung dan cari proyek lain. Jadi, proyek awalku di ahensi adalah kontrak bulanan. Enaknya di ahensi, kamu berpeluang dapet proyek lainnya dari ahensi itu. Jadi selain proyek bareng ahensi itu sendiri juga dapet proyek klien dari ahensi. Selain itu, proyek retainer gini memberi kamu waktu yang logis untuk ngebuktiin bahwa usahamu (melalui konten) itu berdampak buat bisnis mereka.

Seperti yang kita tau terkait algoritma instagram, bahwa konten akan terasa impact-nya setelah jangka waktu tertentu.

Nah, kalo adanya proyek jangka pendek gimana tuh? masa iya ditolak bos?!

YAAA JANGAAAN DOOOONG AH.

Janganlah kamu menolak cuan, wahai pekerja perkontenan duniawi. Selama itu proyek, sikat abis! Disinilah rate card berbicara. Kalau aku, selalu memberi harga lebih mahal untuk proyek jangka pendek, dan tentu membuat offering proposal agar jelas apa hak dan kewajiban masing-masing pihak.

Karena pahitnya jadi pekerja konten adalah banyak yang ngga paham soal etika perkontenan.

Ada yang minta murah mampus tapi maunya konten sekelas @lifeatgojek

Ada yang iya iya aja terserah kreator gimana konsepnya, tapi suka request tiba-tiba diluar perjanjian awal

atau ada yang suka menyepelekan "masa desain gitu aja gabisa sih? copas doang kan?" la buset, kalo copas doang ya ngana aja bikin pake picsart ngapain hire content creator.

Diawal begini.....



Ketika berjalan...... mana saya tau, saya kan...........


Kalo seorang business owner sudah mengambil keputusan buat rekrut tim kreator tersendiri, harusnya udah siap tuh dengan perjanjian di awal. Aku selalu bilang:

"Dengan bergabungnya saya disini, saya tidak bisa mengukur target sales, jadi memang jatuhnya investasi."

begitu sodara-sodara. Walau dalam berjalannya kontrak pasti ada aja yang keluar jalur. 

Nah disinilah aku menjadi umat beragama, 

bersedekah. 

Jadi, ngga melulu dinilai dengan uang, coba pertimbangin yang lain, ada ga sih value yang didapat dengan ngerjain proyek ini, bisa buat tambahan portofolio ga sih atau bahkan dapet jaringan klien baru karena klien sebelumnya puas (the power word of mouth).

Selain proyek retainer, proyek short term juga berpotensi kok dapet hasil yang besar. Asal dapet klien yang rate card kita pas di kantong mereka, jadi walau cuma satu bulan tapi ticket sizenya lebih besar dari proyek retainer. Ini kejadian banget dari suatu proyek short term,

kalo proyek retainer bisa buat bayar tagihan-tagihan rumah kayak: listrik, air, BPJS, servis motor/mobil dan jajan adik-adik,

Satu proyek short term pernah bikin aku beli kamera mirrorless impianku semenjak kuliah. HEHEHE



Lumayan banget kan untuk anak yang dikira pengangguran sama sejuta umat?

4. Ikutan course dan punya waktu ngembangin diri

Nah, ini sih poin yang aku suka banget dari jadi anak ahensi. Aku punya waktu buat ikut course ini itu, atau short webinar yang menurutku oke dan aku butuhin. Dari jaman full time kerja di kantor dulu, aku selalu suka poin "dikasih ruang untuk ngembangin diri". Biasanya kalo udah stress kerja, aku beli kelas buat short escape dan senang-senang.

Agar tidak menyesal, senang-senangnya emang lumayan berfaedah, dan alhamdulillah sukses mengembalikan mood dan ngisi ulang bahan bakar untuk kerja lagi. Nih, ada beberapa kelas yang menurutku worth the money and time.

Nah, ini kelas pertamaku di tahun ini yang paling serius, Bikin website tanpa ngoding di @habiskerjacom. Kelas ini memakan waktu sampai 1 bulan. Sebenernya karna udah kebiasa pegang blog, html tipis-tipis itu jadi ngga susah dipahami, makanya aku berani ikut kelas ini. Eh ternyata, gapake ngoding sama sekali. Install2 plugin aja, jadi tuh landing page cakep nan menjual. Karena sempet memperdalam ilmu ui/ux, maka belajar web bisa jadi langkah selanjutnya. Dan ini tuh worth the every single second. Mentornya sabar banget dan one call away kalo mau nanya-nanya. Sekarang juga dikasih free akses kelas lain lewat program membership gitu. Jadi emang++++ banget fasilitasnya. Sebuah #honestreview dari anak non tech, yang berambisi jadi anak tech. WKWKWK

Kalo lagi ga mood serius-serius, bisa nih kelas santai-santai dan gemas. Kemarin lagi garage sale gitu, jadi weaving kit + kelasnya only 75K di @livinglovingnet. Walau keliatan ribet, tapi gerakan dan tekniknya itu berulang, dan konon katanya, melakukan gerakan berulang bisa membantu kita untuk relaksasi. Ngga  pake mikir, tapi ngga diem juga.

Terkahir, kalo kata rangorang abis ikut webinar kece "ASELI ISINYA DAGING SMUWAA" haha seseneng itu aku ikut webinarnya kak Rizarwi. Seramah itu. Dan kebetulan hmns (re:humans), adalah brand yang jadi referensiku buat bikin konten salah satu klien pemilik bisnis parfum. So, i can relate all too well into spiritual level. Kalo anak perkontenan duniawi butuh referensi kelas yang berkaitan, bisa nih ke @dnvb.id atau @akademidaring.

So that's that. Secuil kehidupan anak ahensi yang sebenernya ngga cukup untuk buat tiktok "pip pip pip calon mantu" tapi ada harapan kok untuk menabung ini itu atau bantu orang tua secukupnya.

Apapun kegiatan kita sekarang, semoga selalu diberi jalan untuk terus bergerak. Karena menurutku, bukan seberapa besar hasilnya tapi yang terpenting adalah terus bergerak.

P l e a s e,

keep moving. You aren't tree. 

You need to keep moving.

hehe.

Oh iya, mari kita tutup postingan kali ini dengan promosi jadi anak ahensi. This post also dedicated to my all time favorite creative agency, Jam Kerja, that brings me into what I am today. Thanks a lot!



Nah, jadi sebenernya aku udah siapin nih buat yang mau liat-liat porto buat referensi, atau biasanya ada juga yang ngechat mau liat bentuk portonya karena mau nyoba jadi freelancer juga. Boleh banget kok sistuuur. Sharing is caring. Tanya-tanya aja gapapaaa

Nah, ini contoh klien yang lanjut jadi partner kerja.
Emang bisa jadi apa aja sih. Palu Gada. Apalu minta Gua ada.

warm regard,

tiara.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BANDUNG’S ESCAPED: Cerita dari Bumi Pasundan

Life Lately

Fast-Paced Lifestyle